NEWS

Karena Gratis Dua Minggu, Player Black Desert Online Remastered meningkat hingga 600%

Culdesacc   |   Kamis, 30 Aug 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Black Desert: Remastered telah diluncurkan pada 23 Agustus lalu dan telah memperkenalkan kembali dunia Black Desert yang baru kepada para Adventurer. Remaster dari Black Desert ini memberikan pengalaman terbaru mulai dari grafis yang dipercantik dengan teknologi terbaru dengan physically based rendering, image-based lighting dan juga post-processing dengan YEBIS middleware.

Tak hanya itu, game ini juga mendapatkan audio tambahan dengan 100 lagu yang dimainkan lebih dari 300 menit, dikerjakan oleh orkestra terkemuka dari seluruh dunia. Untuk merayakan milestone ini, pengembang Pearl Abyss memberikan 2 minggu akses gratis untuk BDO, tersedia hingga 5 September. Karenanya, jumlah pengguna baru dan pengguna kembali melejit hingga 600% dan 243%, dan jumlah pengguna aktif harian naik 20% dari minggu sebelumnya.

Simak wawancara mendalam dengan Direktur Audio Pearl Abyss Hwiman "Croove" Ryu, dalang dari Black Desert: Remastered, dan cari tahu semua detail dari Black Desert yang telah diperbaharui!

Baca ini juga :

» Interview Produser Foamstars, Kosuke Okatani - Foamstars Cocok Untuk Pemain Casual dan Hardcore!
» Mengenal YoRI, Brand Ambassador LOKAPALA: Saga Of Six Realms dan Sosok Lain Auremiya
» [VIDEO]Kupas Tuntas! Windah Bakal Pensiun dan Alasan Absen ada Semua Disini!
» Mengenal Dyland Pros, YouTuber Sultan Yang Selalu Top Up Game Hingga Milyaran Rupiah!
» Mengenal Lebih Jauh Ko Lius, Sosok Pria yang Membuat Skena Kompetitif Mobile Legends Terkenal Hingga Sekarang

Q: Tolong perkenalkan diri anda.

Ryu: Halo, namaku Hwiman Ryu, biasanya orang mengenalku dengan panggilan ‘Croove’, dan aku adalah Audio Director di Pearl Abyss.

Q: Bagaimana Pearl Abyss memutuskan untuk mengambil proyek remaster audio?

Ryu: Proyek sudah dimulai sejak lama sekali, saya tidak ingat persis bagaimana kami sampai untuk mencapai keputusan tersebut tetapi Daeil Kim, ketua dan direktur pengembangan kami menyarankan agar kami mencoba merekam ulang audio kami dengan orkestra beberapa waktu lalu, dimulai dengan lagu title screen. Dia bertanya apakah orkestra akan membuat perbedaan besar dari lagu-lagu yang dihasilkan komputer, dan saya mengatakan kepadanya itu tidak akan berubah banyak - bahkan mungkin membuatnya kurang menarik dan pemain BDO mungkin tidak menyukainya.

Jadi saya berkata, mengapa kita tidak lanjutkan saja menulis lagu baru untuk rekaman orkestra? Sejak saat itu saya mulai menulis bukan hanya lagu title screen, tetapi lagu pelengkap dan begitulah cara remaster audio lepas landas.

Q: Seperti yang Anda katakan, banyak lagu dalam game yang mendapatkan perubahan, tetapi apakah ada lagu tertentu yang paling banyak diubah?

Ryu: Ada begitu banyak lagu yang kami buat dengan begitu banyak perjuangan, hampir semuanya berkesan. Namun ika saya harus memilih satu, saya akan mengatakan lagu Balenos - Velia, tempat para pemain bertemu di awal permainan. Sebelum remaster, lagu tema Velia sangat suram dan terkesan hitam dan putih. Tapi kami merekam lagu dengan orkestra untuk menambah warna dan membuat lagu lebih megah.

Sejujurnya, ini adalah pertama kalinya kami bekerja dengan orkestra, dan kami harus mengerjakan begitu banyak lagu baru untuk mengisi game. Seluruh proses ini merupakan tantangan baru dan sangat istimewa bagi saya.

Q: Beri tahu kami tentang orkestra berbeda tempat Anda bekerja untuk remaster audio. Ada lagu yang direkomendasikan untuk para pemain?

Ryu: Kami bekerja dengan 3 orkestra berbeda.

Di Praha, Republik Ceko, kami bekerja dengan orkestra untuk merekam sebagian besar lagu-lagu pertempuran di daerah Balenos dan Serendia. Semua lagu pertempuran itu rumit dan sulit dimainkan, tetapi tim ini melakukan pekerjaan yang hebat. Saya akan merekomendasikan mendengarkan lagu ‘Battle of Apocalypse’.

Di Jerman, kami merekam semua lagu Overture untuk soundtrack. Secara khusus, Balenos - Overture adalah rekaman MIDI, tetapi kami mengubahnya menjadi rekaman orkestra. Perubahannya sedikit halus, tetapi patut didengarkan untuk mendengar apa yang berubah dari aransemennya.

Di Budapest, Hongaria, kami merekam beberapa lagu pertempuran untuk soundtrack Calpheon, dan Kamasylvia Overture. Tak semua audio Calpheon diperbarui, tetapi pemain akan dapat mendengarkan soundtrack setelah pembaruan wilayah Medea.

Ketiga orkestra tersebut sangat berbakat dan menyenangkan untuk diajak bekerja sama.

Q: Saya juga mendengar ada musik rock di audio remaster. Apa yang mengilhami Anda untuk mengambil upaya ini?

Ryu: Saya selalu ingin memperkenalkan kepada pemain kami ke berbagai jenis musik, dan musik rock adalah sesuatu yang saya ingin coba untuk sementara waktu sekarang. Dalam remaster, kami menambahkan lagu rock di setiap wilayah, seperti Cron Castle di Balenos dan Castle Ruins of Serendia.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa musik rock tidak sesuai dengan game, tetapi kami tetap berada dalam batas-batas pengaturan game dan memastikan suara melengkapi konten game.

Q: Audio remaster jauh lebih realistis dan immersive. Bagaimana Anda merekam semua suara latar belakang dalam game?

Ryu: Kami menggunakan audio yang dihasilkan komputer untuk beberapa audio latar belakang, tetapi kami merekam banyak suara dari sumber nyata untuk remaster. Kami mengambil peralatan ke gunung, Pulau Jeju dan hutan untuk menangkap suara yang berbeda di alam dengan kemampuan terbaik kami.

Bagian tersulit dalam melakukan ini adalah mic berperforma tinggi mengambil suara yang tidak kami butuhkan, seperti pesawat terbang dan suara sapi yang jauh. Itu adalah tantangan, tetapi saya ingin mengejar ini lebih jauh dan merekam lebih banyak suara untuk game.

Q: Salah satu suara yang familiar di Black Desert Online adalah suara jeritan yang dibuat world boss saat muncul di field. Apakah suara world boss juga di remaster, dan bagaimana suara yang dihasilkan?

Ryu: Ada banyak permintaan secara internal untuk meningkatkan suara jeritan boss, karena ini adalah bagian penting dari permainan untuk segera menarik perhatian para pemain. Pada awalnya, kami hanya akan menarik dari sumber file audio kami untuk menciptakan suara baru, tetapi kami meningkatkan proyek dan akhirnya menempatkan banyak sumber daya kami menuju produksi untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

Ketika membuat suara jeritan world boss, karena suara tidak ada dalam kehidupan nyata, kami menggunakan program modulasi dan beberapa metode lain, untuk memanipulasi dan membuat suara baru.

Q: Kita tahu bahwa banyak suara NPC direkam ulang untuk remaster. Dapatkah Anda memberi tahu adakah karakter tertentu yang mengalami perbaikan drastis?

Ryu: Ya, merekam ulang suara NPC adalah bagian utama dari remaster. Untuk beberapa karakter, kami menggunakan pengisi suara sama dan memberi mereka arahan yang berbeda, untuk yang lain, kami mengganti pengisi suara.

Kami menggunakan pengisi suara baru untuk Jordan, seorang NPC dari Serendia yang sangat dinamis. Jordan penuh dengan keserakahan dan mengalami perubahan drastis sepanjang plot setelah dikhianati. Pengisi suara baru melakukan pekerjaan hebat dalam menggambarkan keserakahan dan transformasi internal Jordan.

Karakter lain yang harus diwaspadai adalah Goblin. Anak saya suka Spongebob, dan ketika saya melihat dan mendengar Squidward, saya tahu bahwa ia sangat sempurna untuk Goblin, jadi kami mengontaknya dan untungnya, dia setuju untuk melakukan bagian itu.

Q: Ada penutup dan salam untuk para pemain BDO?

Ryu: Saya pikir cara pemain game online sangat berbeda dari pemain game konsol dalam menikmati permainan, dan pemain konsol cenderung mementingkan fitur audio pada game. Meski begitu, saya harap pemain online kami menikmati dunia Black Desert baru kami yang lebih immersive.

Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu baru untuk Black Desert: Remastered di sini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru