NEWS

Detail ROG Ally X Diungkap! Apa yang Baru dan Menarik dari Gaming Handheld Terbaru Ini?

Master-Fakry   |   Senin, 03 Jun 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
ASUS Republic of Gamers (ROG) telah mengungkap detail mengenai kehadiran ROG Ally X, model baru dari gaming handheld populer ROG Ally. Dirancang untuk gaming Windows 11 di mana saja, ROG Ally X dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen™ Z1 Extreme yang sama, namun dengan peningkatan pada penyimpanan, RAM, dan daya tahan baterai, serta sasis yang diperbarui untuk meningkatkan ergonomi, pendinginan, dan konektivitas.


Baca ini juga :

» ASUS Zenbook 14 OLED, Laptop ASUS AI Premium, Tipis, dan Ringan
» Ditanya Game untuk Refreshing, Kunto Aji: Dota Guys, Tes aja. Cobalah Menyelami Game ini!
» FANTASIAN Neo Dimension Akhirnya Akan Rilis Untuk PC dan Konsol
» Sambut Musim Panas Sepak Bola dengan eFootball™ Season 7: King of The Continent!
» ASUS Luncurkan Rangkaian Monitor Inovatif di Gelaran Computex 2024

Dikombinasikan dengan Armoury Crate SE 1.5 yang menawarkan perpustakaan game yang dapat disesuaikan dan update sistem yang terintegrasi, ROG Ally X dirancang untuk #playALLYourgames lebih baik dari sebelumnya.


Spek yang Lebih Mantap

Dibuat dengan feedback dari pengguna sebagai intinya, ROG Ally X meningkatkan banyak komponen internal penting. SSD 1 TB untuk memastikan pengguna memiliki ruang untuk semua game mereka, meningkat dari 512 GB pada Ally sebelumnya. Selain itu, ROG Ally X menggunakan motherboard yang didesain dengan slot form factor M.2 2280, memungkinkan pengguna meng-upgrade penyimpanan mereka ke drive yang lebih besar untuk dengan mudah daripada sebelumnya.


Kemudian, RAM LPDDR5X-7500 24 GB ditambahkan untuk performa multitasking lebih tinggi. Sebagai APU, AMD Ryzen Z1 Extreme berbagi VRAM dengan RAM sistem di perangkat ini. Dengan game modern yang menggunakan lebih banyak VRAM untuk tekstur resolusi tinggi yang lebih realistis, memori sistem 24 GB memungkinkan pengguna untuk mengalokasikan lebih banyak memori ke sistem dan GPU untuk kinerja yang lebih baik untuk menjalankan game AAA generasi berikutnya.


Akhirnya, ROG Ally X juga dilengkapi dengan baterai 80 Wh, dua kali kapasitas model sebelumnya, sehingga pengguna dapat bermain game lebih lama tanpa terhubung ke colokan listrik. Meskipun terdapat peningkatan signifikan pada daya tahan baterai, ROG Ally X hanya memiliki bobot 678 gram alias 70 gram lebih berat dari ROG Ally generasi sebelumnya. Hal ini akan memastikan kenyamanan saat bermain dan dibawa bepergian.

Kontrol dan Konektivitas Terbaru

ROG Ally X menampilkan sasis yang didesain dalam warna hitam baru, dengan pegangan yang sedikit lebih dalam dan bentuk yang lebih bulat untuk kenyamanan yang lebih baik, tanpa menambahkan ketebalan pada perangkat. Action button dan tombol arah diatur pada sudut yang lebih ergonomis, dengan kemiringan pada trigger yang membuatnya lebih mudah ditekan. Tombol makro di bagian belakang juga lebih kecil, untuk mengurangi penekanan yang tidak disengaja sambil tetap mudah dijangkau.

Joystick telah diganti dengan modul baru yang lebih tahan lama, dengan pegas yang lebih kaku untuk respons yang lebih nyaman. D-Pad juga telah ditingkatkan, dengan input delapan arah yang lebih presisi untuk fighting game dan retro.


Pengguna juga meminta lebih banyak I/O universal, jadi port XG Mobile sebelumnya telah diganti dengan dua port USB-C pada ROG Ally X, salah satunya kompatibel dengan Thunderbolt untuk interoperabilitas luas dengan dock pihak ketiga dan GPU eksternal.

Sistem Pendingin yang Lebih Baik

Untuk mengakomodasi baterai baru, ROG Ally X menggunakan kipas baru yang 23% lebih kecil, tetapi menggunakan bilah kipas yang 50% lebih tipis untuk meningkatkan aliran udara. Dua lubang baru di housing kipas akan mengarahkan udara ke atas dan keluar menuju ventilasi yang berlokasi tepi atas ROG Ally X. Solusi termal baru ini memungkinkan volume udara yang melalui perangkat lebih banyak 24% demi mendinginkan tidak hanya komponen internal tetapi juga layar sentuh.


Operating System

Windows 11 Home

Display

7” FHD (1920 x 1080) 16:9, 500 nits brightness, 100% sRGB, Corning® Gorilla® Glass Victus™ with Gorilla® Glass DXC coating, touchscreen, 120 Hz refresh rate, 7 ms response time, AMD FreeSync Premium

CPU

AMD Ryzen™ Z1 Extreme Processor ("Zen4" architecture with 4 nm process, 8-core /16-threads, 24 MB total cache, up to 5.10 GHz boost)

GPU

AMD Radeon™ Graphics (AMD RDNA™ 3, 12 CUs, up to 2.7 GHz, up to 8.6 Teraflops)

Memory

24 GB LPDDR5X on board (7500 MHz dual channel)

Storage

Up to 1 TB M.2 2280 NVMe™ PCIe® G4x4 Value SSD

I/O Ports

1 x Audio combo jack
1 x Micro SD Card reader (UHS-II, 312MB/s)
1 x USB-C® supports USB 3.2 Gen 2 (DisplayPort™ 1.4 with FreeSync support, Power Delivery 3.0 (Input: 20V/5A, Output 5V/1.5A))
1 x USB4® (Thunderbolt™ 4 compliance, DisplayPort™ 1.4 with FreeSync support, Power Delivery 3.0 (Input: 20V/5A, output:5V/3A)

Audio

2-speaker system with Smart Amplifier Technology
Dolby Atmos®
AI noise-canceling technology
Hi-Res Audio certification
Built-in array microphone

Battery

80 Wh

Power Supply

USB-C®, 65W AC Adapter, Output: 20V DC, 3.25 A, 65 W, Input: 100~240V AC 50 / 60 Hz universal

Dimension

28.0 x 11.1 x 2.47 cm

Weight

678 g


Spesifikasi lengkap ROG Ally X bisa dilihat pada tabel di bawah ini.


Kapan nih ROG Ally X rilis di Indonesia? Nah, untuk ini, kita harus menunggu pengumuman resmi terlebih dahulu dari ASUS Indonesia, guys!


Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang ROG Ally X, nantikan konten terbarunya di website atau media sosial KotakGame, ya!

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru