NEWS

AMD Umumkan Jajaran Ryzen 9000 Series di Computex 2024 dan Akan Dirilis Pada Bulan Juli

Rahmat Handiko    |   Senin, 03 Jun 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
AMD Umumkan Jajaran Ryzen 9000 Series di Computex 2024 dan Akan Dirilis Pada Bulan Juli

AMD akhirnya mengumumkan jajaran CPU Desktop terbaru mereka, Ryzen 9000 "Zen 5", yang menawarkan hingga 16 core dan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, Zen 4.

Jajaran CPU Desktop AMD Ryzen 9000 ini, dengan nama kode Granite Ridge, dirancang dengan menggunakan arsitektur core Zen 5 yang terbaru dan ditujukan untuk PC Gaming berkinerja tinggi. Jajaran produk ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru, dengan core Zen 5 sebagai sorotan utama. Selain itu, CPU ini didukung pada platform AM5 yang sudah ada dan yang akan datang, dengan peningkatan dukungan I/O dan memori DDR5.

Arsitektur core AMD Zen 5 menawarkan berbagai peningkatan besar. Beberapa peningkatan ini termasuk peningkatan 2x lipat dalam Instruction Bandwidth untuk instruksi front-end, peningkatan bandwidth data (L2 ke L1 dan L1 ke Floating Point), serta peningkatan performa AI (AI & AVX512 Throughput). core CPU (CCD) Zen 5 dibuat dengan proses node TSMC 4nm, sedangkan IOD menggunakan proses node TSMC 6nm. CPU ini hadir dalam konfigurasi maksimal yang sama, yaitu 2 CCD dan 1 IOD untuk platform konsumen.

Dengan perubahan-perubahan baru ini, AMD berhasil mencapai peningkatan IPC (Instructions Per Clock) rata-rata sebesar 16% dibandingkan dengan Zen 4. Dalam beberapa kasus tertentu, core Zen 5 bahkan bisa mencapai peningkatan IPC hingga 35%, seperti yang terlihat pada benchmark Geekbench 5.4 AES XTS. Selain itu, AMD juga melakukan peningkatan besar pada penataan cache L2 dan L3. Mereka juga memperbarui Integrated Memory Controller (IMC) sehingga sekarang mendukung memori EXPO/XMP yang lebih tinggi, dan clock Infinity Fabric ditingkatkan dari 2000 MHz pada Zen 4 menjadi 2400 MHz pada Zen 5, dengan dukungan kecepatan DDR5-5600 secara native.

Untuk jajaran produknya, AMD Ryzen 9000 "Granite Ridge" terdiri dari empat SKU utama pada peluncuran awal. SKU ini meliputi Ryzen 9 9950X, Ryzen 9 9900X, Ryzen 7 9700X, dan Ryzen 5 9600X.

Baca ini juga :

» Ditanya Game untuk Refreshing, Kunto Aji: Dota Guys, Tes aja. Cobalah Menyelami Game ini!
» FANTASIAN Neo Dimension Akhirnya Akan Rilis Untuk PC dan Konsol
» Sambut Musim Panas Sepak Bola dengan eFootball™ Season 7: King of The Continent!
» Apple Perkenalkan macOS Sequoia di WWDC 2024! Banyak Fitur Baru! Ada Fitur Gamingnya Juga!
» Lords Mobile Suguhkan Kolaborasi bersama The King of Fighters XV

AMD Ryzen 9 9950X Merupakan CPU unggulan dengan dua CCD Zen 5 dan satu IOD. CPU ini memiliki 16 core dan 32 thread, serta boost clock maksimal hingga 5,7 GHz, sama seperti Ryzen 9 7950X. CPU ini juga dilengkapi dengan cache sebesar 80 MB (64 MB L3 + 16 MB L2) dan memiliki TDP sebesar 170W.

Dengan hadirnya Ryzen 9000 "Zen 5", AMD terus mendorong batas kinerja CPU desktop, menawarkan peningkatan yang signifikan baik dari segi kinerja maupun efisiensi. Para pengguna yang menginginkan performa maksimal untuk gaming dan aplikasi berat lainnya akan sangat diuntungkan dengan pembaruan ini.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru